Baju Seragam Kerja Akpol Berikut Penjelasannya

Baju Seragam Kerja Akpol Berikut Penjelasannya

Akademi Kepolisian atau sering disingkat Akpol adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak perwira polisi dengan tujuan menyelenggarakan pendidikan pembentukan perwira polisi tingkat akademi dengan lama pendidikan 4 tahun dan output pangkat inspektur polisi dua atau disingkat Ipda (Wikipedia).

Sebelum mencapai Ipda ada beberapa tingkatan yang harus dijalani oleh para taruna. Pada tahun pertama mereka harus melaui 3 tingkatan yaitu Cabhatar (Calon bhayangkara taruna) kemudian Bharadatar (Bhayangkara dua taruna) dan di tutup dengan Bharatutar (Bhayakara satu taruna), selanjutnya pada tahun kedua taruna akan mendapat pangkat Brigdatar (Brigadir dua taruna), tahun berikutnya pangkat akan naik menjadi Brigtutar (Brigadir satu taruna) dan pada tahun terakhir pangkat mereka menjadi Brigtar (Brigadir taruna).

Ketika menjalani pendidikan selama 4 tahun, para calon perwira polisi ini diharuskan mengenakan baju seragam dalam setiap kegiatannya. Ada 7 jenis seragam yang wajib digunakan yang tentu saja disesuaikan dengan kegiatan yang akan diikuti, berikut uraiannya:

  • Pakaian Dinas Harian (PDH)

Adalah pakaian dinas yang dipakai sehari-hari misalnya untuk kegiatan kuliah. Seragam ini terdiri dari kemeja warna coklat muda dengan lengan pendek dilengkapi atribut ketarunaan dipadukan dengan celana panjang untuk laki-laki dan rok untuk wanita berwarna coklat tua. Dilengkapi dengan pet berwarna coklat, sepatu pantopel dan ikat pinggang hitam.

  • Pakaian Dinas Lapangan (PDL)

Adalah baju seragam para taruna yang khusus digunakan pada kegiatan lapangan. Terdiri dari atasan berwarna coklat muda dengan atribut ketarunaan sama persis dengan PDH disertai kaos dalam berwarna senada, namun bawahannya adalah celana cargo berwarna coklat tua, juga dilengkapi kopel dan sepatu lars hitam serta baret coklat.

Baca juga >> Kaos Family Gathering

  • Pakaian Dinas Upacara (PDU)

Adalah baju seragam Akademi Kepolisian yang digunaan pada saat ada kegiatan dan upacara resmi. Dengan atasan berwarna merah dan berlengan panjang serta bawahan berwarna putih dengan dua strip merah, membuat para calon taruna tampak gagah. Semakin gagah lagi karena dilengkapi pet berwarna putih dan sepatu pantopel warna krem.

  • Pakaian Dinas Pesiar Siang (PDPS)

Adalah baju seragam yang dikenakan oleh para taruna ketika melakukan kegiatan kedinasan pada siang hari. Misalnya kunjungan resmi dan sebagainya. Seragamnya mirip dengan PDH namun dilengkapi dengan dasi.

  • Pakaian Dinas Pesiar Malam (PDPM)

Adalah baju seragam yang dikenakan taruna ketika mengadakan kegiatan kedinasan pada malam hari, misalnya malam keakraban. Baju seragamnya sama dengan PDPS namun dilengkapi dengan jas berwarna senada dengan bawahannya.

  • Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus)

Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus) adalah baju seragam dinas lapangan yang dipakai oleh taruna ketika melakukan piket wajib. Perbedaannya dengan PDL biasa adalah atasannya menggunakan lengan panjang dan celana panjangnya berbentuk resmi. Perbedaan lainnya terletak pada sepatunya, pada PDL Sus sepatu yang digunakan adalah sepatu pantopel. Selain itu ketika mereka bertugas menggunakan selempang dengan warna yang berbeda dimana setiap warna menunjukkan tanggung jawab yang berbeda pula.

BACA JUGA >> SERAGAM KERJA BANDUNG

  • Pakaian istirahat Taruna

Bahkan ketika tidur, para calon perwira ini diwajibkan menggunakan pakaian seragam yang disediakan khusus. Piyama berwarna biru muda dengan lengan panjang dan celana panjang dipastikan menemani tidur para taruna setiap malamnya.

Demikian uraian singkat mengenai ketujuh seragam para taruna Akademi Kepolisian. Jika anda merasa terinspirasi dengan seragam-seragam diatas dan ingin membuatnya, kami Garment Fashion akan membantu. Anda tinggal menghubungi kami di nomor telepon atau WA 0895 3444 73937 atau email ke admin@bajuseragam.id. Kami siap mewujudkan baju seragam impian anda.

Atau deail KLIK >> SERAGAM KERJA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *